Isolasi Cendawan Pelarut Fosfat dari Rhizosfer Tumbuhan Mangrove Xylocarpus granatum Koen. di Sungai Gemuruh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Rahmawati, Kurnia Dewi (2021) Isolasi Cendawan Pelarut Fosfat dari Rhizosfer Tumbuhan Mangrove Xylocarpus granatum Koen. di Sungai Gemuruh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_KURNIA_DEWI_RAHMAWATI_17032100_3495_2021.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengisolasi dan mengamati morfologi cendawan dari rhizosfer tumbuhan mangrove Xylocarpus granatum, dan uji aktivitas pelarut fosfat cendawan hasil isolasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Juli 2021 di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi FMIPA UNP. Karakteristik morfologi makroskopis dan mikroskopis disajikan dalam bentuk tabel dan gambar. Uji aktivitas pelarut fosfat dilakukan dengan mengamati zona bening (halozone) yang terbentuk pada medium Pikovskaya yang mengandung fosfat terikat. Penelitian ini berhasil mengisolasi 7 isolat cendawan dari rhizosfer tumbuhan mangrove Xylocarpus granatumdi Sungai Gemuruh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Secara makroskopis dan mikroskopis, umumnya miselium berkembang dengan baik, tidak menghasilkan konidia kecuali isolat XY3 dan XY5, hifa bersekat dan bercabang. Uji aktivitas pelarut fosfat pada ketujuh isolat tersebut menunjukkan tidak adanya zona bening yang terbentuk pada medium Pikovskaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa telah berhasil diisolasi 7 isolat cendawan dari rhizosfer tumbuhan Xylocarpus granatum dengan morfologi berbeda namun tidak memiliki aktivitas pelarut fosfat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELARUT FOSFAT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:58
Last Modified: 24 Nov 2021 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35394

Actions (login required)

View Item View Item