Pengaruh Job Satisfaction terhadap Turnover intention pada Karyawan PT Hayati Pratama Mandiri Main Dealer Sepeda Motor Honda Padang melalui Work Engagement Sebagai Variabel Mediasi.

Dahria, Mike (2021) Pengaruh Job Satisfaction terhadap Turnover intention pada Karyawan PT Hayati Pratama Mandiri Main Dealer Sepeda Motor Honda Padang melalui Work Engagement Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MIKE_DAHRIA_14059144_1336_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention melalui work engagement sebagai variabel mediasi. Di dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan tetap di PT Hayati Pratama Mandiri Main Dealer Sepeda Motor Honda yang berlokasi di jalan pemuda Padang. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada karyawa PT Hayati Pratama Mandiri Main Dealer Sepeda Motor Honda Padang. Pada penelitian ini digunakan tiga kategori variabel yaitu variabel dependen yang diukur dengan turnover intention, variabel independen yang diukur dengan job satisfaction sedangkan variabel yang ketiga adalah mediasi yang diukur dengan work engagement. Proses pengujian hipotesis dilakukan dengan mengukur variabel mediasi yang diolah dengan beberapa tahapan. Pada tahapan pertama menguji pengaruh langsung antara varibel independen dan variabel mediasi terhadap variabel dependen. Pada tahapan kedua menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel mediasi, sedangkan pada tahapan ketiga menghitung nilai mediasi effect dengan mencari nilai Z-hitung dengan pendekatan yang dikembangkan oleh Baro dan Kenny. Tahapan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention. Selain itu work engagement juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, di dalam penelitian juga ditemukan bahwa job satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement, serta job satisfaction berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention dengan work engagement sebagai variabel mediasi pada karyawan tetap di PT Hayati Pratama Mandiri Main Dealer Sepeda Motor Honda Cabang Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, WORK ENGAGEMENT, TURNOVER INTENTION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:58
Last Modified: 24 Nov 2021 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item View Item