Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Materi Bakteri Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA

Alfajri, Khalif (2021) Pengembangan Booklet Bernuansa ESQ tentang Materi Bakteri Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_KHALIF_ALFAJRI_17031094_3649_2021.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mendorong peserta didik agar lebih aktif dan mandiri saat mendapatkan informasi tentang materi pembelajaran. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang salah satunya dengan cara mengembangkan media yang dapat menarik minat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil obervasi diketahui bahwa sikap spiritual dan emosional peserta didik masih kurang terlihat dalam kehidupan di sekolah. Media pembelajaran biologi yang digunakan dalam proses pembelajaran belum memiliki nuansa ESQ untuk meningkatkan nilai spiritual emosional bagi peserta didik. Peserta didik mengungkapkan bahwa bahan ajar yang digunakan susah untuk dipahami, membosankan, dan tidak memberikan motivasi belajar, sehingga diperlukan suplemen bahan ajar yang dapat menarik minat belajar peserta didik dan mudah dipahami untuk menjadi solusi permasalahan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dikembangkan booklet bernuansa ESQ sebagai suplemen bahan ajar untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, sedangkan tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk secara komersial. Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi booklet dilakukan oleh empat orang validator dan uji praktikalitas dilakukan kepada satu orang guru biologi dan 50 peserta didik kelas X IPA di SMAN 2 Payakumbuh. Nilai rata-rata validitas booklet 93,12% dengan kriteria sangat valid. Nilai rata-rata praktikalitas booklet 88,14% dengan kriteria sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa booklet bernuansa ESQ yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai suplemen bahan ajar biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUPLEMEN BAHAN AJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 01:06
Last Modified: 24 Nov 2021 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35390

Actions (login required)

View Item View Item