Afif, Iffat Syafiqoh (2021) Pengembangan E-Content Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membangun Self Learning Awareness Siswa Kelas XI SMA/MA pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_IFFAT_SYAFIQOH_AFIF_17035095_5144_2021.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengembangkan e-content berbasis pendekatan saintifik untuk membangun self learning awareness siswa pada materi laju reaksi, (2) Menganalisis tingkat validitas dari e-content berbasis berbasis pendekatan saintifik untuk membangun self learning awareness siswa kelas XI SMA/MA pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Terdapat tiga tahap didalam model Plomp yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dalam bentuk validitas isi dan konstruk, angket validitas multimedia dan lembar one to one evaluation. Uji validitas isi dan konstruk dilakukan terhadap 3 orang dosen kimia UNP dan 3 orang guru kimia SMA/MA sebagai ahli dalam bidang isi dan konstruk. Berdasarkan angket validasi isi dan konstruk yang dianalisis menggunakan indeks Aiken’s V maka didapatkan nilai Aiken sebesar 0,82 dengan probabilitas 0,050 sehingga dapat dikategorikan valid. Sedangkan komponen multimedia pada lembar validitas multimedia divalidasikan oleh 5 orangdosen dibidang teknologi, melalui analisis data menggunakan indeks Aiken’s V didapatkan data validitas multimedia dengan nilai Aiken sebesar 0,91 dengan probabilitas 0,021 sehinggadapat dikategorikan valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENDEKATAN SAINTIFIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 01:05 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 01:05 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35377 |
Actions (login required)
View Item |