Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Inquiry Based Learning (IBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Santri Kelas VIII MTs/SMP

Mursyida, Eva (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Inquiry Based Learning (IBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi Santri Kelas VIII MTs/SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_EVA_MURSYIDA_15205014_4995_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis model Inquiry Based Learning (IBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognisi peserta didik MTs kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu Preliminary Investigation, Prototyping Stage, dan Assessment Phase. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis Inquiry Based Learning (IBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs- TI Candung. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis Inquiry Based Learning (IBL) untuk kelas VIII MTs/SMP semester II yang dihasilkan memenuhi kategori valid, dan praktis. Hasil validitas RPP diperoleh 3,31% dengan kategori sangat valid dan LKPD diperoleh 3,30% dengan kategri sangat valid. Hasil praktikalitas RPP diperoleh 82,08% dengan kategori sangat praktis dan LKPD diperoleh 86,33% dengan kategori sangat praktis. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi teorema pythagoras kelas VIII MTs. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berpotensi efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:22
Last Modified: 23 Nov 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35364

Actions (login required)

View Item View Item