Analisis Multidimensional Scaling dan Penerapannya pada Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Jumlah Penduduk Usia Kerja Terdampak COVID-19

Safitri, Dewi (2021) Analisis Multidimensional Scaling dan Penerapannya pada Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Jumlah Penduduk Usia Kerja Terdampak COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DEWI_SAFITRI_17030006_4548_2021.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengelompokkan kabupaten/kota di Sumatera Barat berdasarkan jumlah penduduk usia kerja terdampak COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistika Sumatera Barat (BPS Sumbar) yaitu data jumlah penduduk usia kerja yang terdampak COVID-19 tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode analisis multivariat yaitu analisis multidimensional scaling. Analisis multidimensional scaling dapat memperlihatkan bagaimana pengelompokkan kabupaten/kota di Sumatera Barat berdasarkan jumlah penduduk usia kerja yang terdampak COVID-19. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu terdapat tiga kelompok yang memiliki kemiripan antar anggotanya namun berbeda dengan kelompok lain. Kota Padang menjadi peringkat pertama dengan jumlah penduduk usia kerja terdampak COVID-19 yang sangat besar.Kemudian disusul oleh Kabupaten Agam yang menjadi peringkat kedua. Dengan kesesuaian nilai Stress sebesar 0,0025 atau 0,25% dan R2 sebesar 0,999 menunjukkan peta analisis multidimensional scaling yang diperoleh dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MULTIDIMENSIONAL SCALING
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Nov 2021 02:20
Last Modified: 23 Nov 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35353

Actions (login required)

View Item View Item