Suryana, Dadan and Mayar, Farida and Sari, Rustika Eka (2021) Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 341-352. ISSN Print: 2356-1327 - Online: 2549-8959
|
Text
FARIDA_MAYAR_Pengaruh_Metode_Sumbang_Kurenah.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Budaya yang ditiru anak di wilayah perbatasan antara Sumatera Barat dan Sumatera Utara menyebabkan terjadinya perpaduan budaya minangkabau dan budaya batak. Hal tersebut menyebabkan anak-anak tidak mengenali sumbang duo baleh sebagai budayanya terutama sumbang kurenah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan metode sumbang kurenah terhadap perkembangan karakter anak. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kombinasi (Mixed Method) melalui pendekatan explanatory design. Subjek/Informan dalam penelitian ini yaitu guru dan orangtua. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian kuantitatif yaitu cross sectional design dengan angket sedangkan untuk penelitian kualitatif yaitu menggunakan alur dari Miles dan Huberman dengan dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Metode sumbang kurenah berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan karakter anak dengan tingkat capaian sebesar 48,5%. Metode sumbang kurenah dapat mengembangkan karakter anak melalui bermain peran seperti sosiodrama, bercerita tentang penanaman nilai moral maupun metode Tanya jawab tentang adat istiadat budaya Minangkabau.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Karakter Anak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 07:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 07:51 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35328 |
Actions (login required)
View Item |