Pembelajaran Seni Tari terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Wisra, Okta and Mayar, Farida (2020) Pembelajaran Seni Tari terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Ensiklopedia of Journal, 2 (2). pp. 20-27. ISSN Print: 2622-9110 - Online: 2654-8399

[img]
Preview
Text
FARIDA_MAYAR_PEMBELAJARAN_SENI_TARI_TERHADAP_PERKEMBANGAN_FISIK.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index...

Abstract

Seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, termasuk untuk perkembangan anak usia dini. Selain memiliki nilai estetika, seni juga dapat merangsang kreativitas anak. Pendidikan anak usia dini yang merupakan cikal bakal dari proses pendidikan bangsa berupaya mengembangkan potensi dalam berbagai aspek seperti kognitif, bahasa, seni, moral, agama, motorik, sosial emosional. Salah satu aspek perkembangan fisik yang perlu dikembangkan adalah aspek motorik anakanak. Perkembangan motorik anak usia dini sama pentingnya dengan aspek perkembangan lainnya. Jika anak tidak mampu melakukan gerakan fisik dengan benar akan menumbuhkan rasa tidak aman dan konsep diri negatif dalam melakukan gerakan fisik. Salah satu bentuk stimulus motorik anak-anak adalah melalui pembelajaran menari, di mana perkembangan motorik meliputi pengembangan motorik kasar dan motorik halus. Kemampuan motorik setiap anak berbeda tergantung pada tingkat kematangannya. Oleh karena itu, orang tua atau guru perlu menyediakan ruang dan waktu bagi anak-anak untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih otot kasar anak dan menyediakan barang dan peralatan untuk anak-anak yang dapat didorong, dibesarkan, dilemparkan atau dibawa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Fisik Motorik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:41
Last Modified: 17 Nov 2021 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35327

Actions (login required)

View Item View Item