Kontribusi Interaksi Edukatif dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Padang

Kurniawansyah, Rahmat (2021) Kontribusi Interaksi Edukatif dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_RAHMAT_KURNIAWANSYAH_15073073_3661_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kontribusi interaksi edukatif merupakan hubungan komunikasi yang terjadi di dalam proses belajar mengajar antara seorang guru dan siswanya di dalam kelas. Jadi istilah interaksi sebenarnya adanya hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih yang terjadi dan melahirkan aksi, hubungan dan saling mempengaruhi di dalam sebuah interaksi. Semakin tinggi interaksi siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. Hasil belajar yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar kelas XI di Smk Negeri 5 Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kontribusi interaksi edukatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI di Smk Negeri 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontribusi interaksi siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI di Smk Negeri 5 Padang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 70 siswa kelas XI. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dokumentasi. Uji validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha, masing-masing berbantuan SPSS 17.0. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dengan rumus Product Moment Pearson berbantuan SPSS 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan interaksi sosial siswa dengan hasil belajar, yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,433, sedangkan rtabel dengan jumlah N= 36 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,329, sehingga rhitung > rtabel (0,433 > 0,329). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan kontribusi interaksi edukatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas XI teknik otomotif. Saran guru sebaiknya lebih meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran khususnya pelajaran pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:09
Last Modified: 19 Nov 2021 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35319

Actions (login required)

View Item View Item