Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Perhitungan Statistik Kecelakaan Kerja Guna Mengurangi Resiko Bahaya pada Area Penambangan Batubara Tambang Terbuka PT. Daya Bambu Sejahtera Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Arswendo, Rahmad Thry (2021) Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Perhitungan Statistik Kecelakaan Kerja Guna Mengurangi Resiko Bahaya pada Area Penambangan Batubara Tambang Terbuka PT. Daya Bambu Sejahtera Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_RAHMAD_THRY_ARSWENDO_16137077_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

PT. Daya Bambu Sejahtera sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan Batubara. PT. Daya Bambu Sejahtera berlokasi di Desa Mangupeh Kecematan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Luas izin usaha pertambangan (IUP) PT. Daya Bambu Sejahtera adalah seluas 3.548,8 Ha. Sedangkan target produksi tahunan adalah sebesar 1.200.000 ton/tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja K3 di PT. Daya Bambu Sejahtera pada tahun 2017-2020 menggunakan statistik kecelakaan kerja. Penelitian ini bersifat deskriptif yakni menggambarkan statistik kecelakaan kerja di PT DBS. Statistik kecelakaan kerja meliputi incident rate, frequency rate, severity rate dan safe T-score. Pengumpulan data menggunakan data sekunder, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi 4 kejadian kecelakaan kerja selama tahun 2017-2020. Hasil perhitungan statistik kecelakaan kerja didapatkan nilai incident rate dan frequency rate tertinggi pada tahun 2018, sedangkan severity rate tertinggi terjadi pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Berdasarkan perhitungan safe T-score, kinerja K3 hanya mengalami peningkatan pada tahun 2019. Perkiraan terjadinya kecelakaan kerja di PT. Daya Bambu Sejahtera adalah adanya aturan- aturan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang belum terlaksana dengan baik. Kesadaran karyawan dalam bekerja yang memenuhi kaedah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) belum tercapai, contohnya pemakaian alat pelindung diri (APD) pada saat bekerja, Beberapa metode dalam mengenali potensi bahaya di tambang terbuka seperti Job Safety Analysis masih belum terealisasi di PT. Daya Bambu Sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:04
Last Modified: 17 Nov 2021 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35318

Actions (login required)

View Item View Item