Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Larasani, Novita and Yeni, Indra and Mayar, Farida (2020) Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3). pp. 2368-2374. ISSN Print: 614-6754 - online: 2614-3097

[img]
Preview
Text
37_FARIDA_MAYAR_Hubungan_Pola_Asuh_Orang_Tua_dengan_Kepercayaan_Diri_Anak_Usia_Dini.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan kepercayaan diri anak usia dini di Taman Kanak-kanak. Kepercayaan diri anak seharusnya dapat timbul dan dibentuk sesuai dengan pola asuh yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan menelaah sumber primer berupa buku, referensi dan jurnal yang relevan dengan masalah penelitian. Setelah mendapatkan data yang diperlukan maka dilanjutkan dengan menganalisis data. Analisis dilakukan dengan menghubungkan permasalahan dengan konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua memiliki hubungan yang positif terhadap kepercayaan diri anak usia dini. Adapun pola asuh orangtua yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anak yaitu pola asuh demokratif. Pendekatan orangtua kepada anak usia dini melalui pola asuh yang sesuai sangat penting untuk perkembangan anak, salah satunya adalah kepercayaan diri. Anak akan memiliki kepercayaan diri yang baik jika orangtua memberikan pola asuh yang sesuai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Kepercayaan Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:15
Last Modified: 15 Nov 2021 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35301

Actions (login required)

View Item View Item