Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II

Juneri, Alfi Fadhilah (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ALFI_FADHILAH_JUNERI_17031125_4397_2021.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atauHigh Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik adalah LKPD berorientasi HOTS.Namun di SMA Adabiah Padang khususnya Kelas X belum tersedia bahan ajar yang dapat meningkatkan HOTS peserta didik.Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan LKPD berorientasi HOTS pada mata pelajaran biologi Kelas X semester 2. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Models yaitu melalui tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun keterbatasan waktu dan kemampuan, sehingga penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) saja. Objek penelitian ini adalah LKPD berorientasi HOTS pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II. Subjek penelitian ini yaitu4 orang validator yang terdiri dari 3 dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMA Adabiah Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi produk. Data yang di dapatkan dari hasil validasi di analisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan LKPD berorientasi HOTS pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II dengan kriteria valid yaitu aspek kelayakan isi 82,57%, kebahasaan 91,07%, penyajian dan konstruk 85,83% serta kegrafikaan 94,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilakn LKPD berorientasi HOTS pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester II yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HIGH ORDER THINKING SKILL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:52
Last Modified: 16 Nov 2021 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35290

Actions (login required)

View Item View Item