Analisis Kelengkapan Pendekatan Saintifik dalam Sintak Inkuiri Terbimbing pada RPP Fisika SMAN Materi Gelombang Optik di Kabupaten Se-Sumatera Barat

Idris, Abdulah (2021) Analisis Kelengkapan Pendekatan Saintifik dalam Sintak Inkuiri Terbimbing pada RPP Fisika SMAN Materi Gelombang Optik di Kabupaten Se-Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ABDULAH_IDRIS_17033001_4292_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut manusia memiliki kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan yang sederhana sampai yang kompleks. Kurikulum 2013 menuntut guru menjalankan pembelajaran yang berbasis HOTS dengan pembelajaran yang berpusat kepada siswa agar siswa mampu aktif. Dalam pembelajaran didapatkan kemampuan HOTS siswa masih rendah berdasarkan analisis hasil UN tahun 2019 yang di peroleh dari PUSPENDIK untuk mengetahui kelengkapan pendekatan saintifik dalam sintak model pembelajaran inkuiri terbimbing pada RPP fisika SMAN materi gelombang optik di kabupaten se-Sumatera Barat . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan populasi data adalah SMAN yang ada di kabupaten se-Sumatera Barat dan RPP fisika materi gelombang optik. Pengambilan sampel SMAN sebanyak 12 sekolah yang mewakili masing-masing dari 12 kabupaten yang ada di Sumatera Barat dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Sedangkan sampel RPP diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa hasil analisis kelengkapan pendekatan saintifik pada RPP inkuiri terbimbing fisika SMAN materi gelombang optik di kabupaten se-Sumatera Barat untuk semua sampel mencapai skor 100%. Karena semua RPP telah memenuhi tuntutan kurikulum 2013 yang total keseluruhannya menggunakan pendekatan saintifik. Sedangkan kelengkapan sintak model inkuiri terbimbing untuk materi gelombang optik tergolong cukup tersedia, disebabkan karena tidak semua sintak model inkuiri terbimbing muncul salah satunya sintak yang jarang muncul adalah sintak merumuskan hipotesis dan yang sering muncul adalah sintak merumuskan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KELENGKAPAN RPP
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:56
Last Modified: 15 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item View Item