Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Menerapkan Metode Fuzzy Promethee Study Kasus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Ma hanafiah Batusangkar

Rusdi, Angga (2021) Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Menerapkan Metode Fuzzy Promethee Study Kasus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Ma hanafiah Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANGGA_RUSDI_16059080_3341_2021.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Pelayanan Rumah sakit kota Batusangkar di berikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr.MA Hanafiah Batusangkar. Penelitian ini hanya akan berfokus pada sisi eksternal Rumah Sakit yaitu dalam sudut pandang pasien yang menggunakan jasa pelayanan di rumah sakit khususnya terhadap pelayanan pada kunjungan rawat inap, yang disampaikan melalui kotak saran yang tersedia. Dalam penelitian ini jumlah populasinya tidak diketahui . sehingga menentukan ukuran sampel dari populasi menggunakan teori yang dikembangkan dari Isac Michael. Metode pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Pada penelitian ini peneliti menggunaan metode servqual dan perangkingan fuzzy Promethee untuk mengukur kualitas pelayan Hasil penelitian tentang kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr.MA Hanafiah Batusangkar adalah dari lima kriteria yang diteliti oleh peneliti yaitu, tangible, reliability, Responsivenesses assurance, dan empathy . terdapat nilai gap tertinggi harapan pada dimensi Empathy sebesar 7.22. Lalu dimensi dengan tingkat kepuasan kedua adalah dimensi Assurance dengan nilai 7.13. Nilai gap selanjutnya adalah dimensi Tangible dengan tingkat kepuasan 7.00, di ikuti oleh responsiveness dengan nilai 6,77 dan terakhir Reliability dengan nilai 5.12 Berdasarkan hasil perhitungan nilai Net flow, dimana semakin besar nilai net flow menunjukan semakin besar prioritasnya. Dari perhitungan yang sudah dilakukan diatas maka didapatkan rangking alternatif, alternatif yang memiliki rangking tertinggi yaitu pada tingkat harapan(B) dengan nilai net flow 0,62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:56
Last Modified: 15 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35278

Actions (login required)

View Item View Item