Pengaruh Peran Kelompok Sadar Wisata terhadap Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat

Wahyuni, Ririn (2021) Pengaruh Peran Kelompok Sadar Wisata terhadap Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RIRIN_WAHYUNI_17135292_3944_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan peran kelompok sadar wisata, mendeskripsikan sapta pesona serta menganalisis pengaruh peran kelompok sadar wisata terhadap sapta pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang ada di objek wisata Pantai Carocok Painan dengan teknik pengambilan sampel Non probalility sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan angket yang menggunakan skala likert yang berjumlah 39 pernyataan yang telah di uji validitas dan realibilitas. Data yang dideskripsikan melalui uji persyaratan analisis pengujian dan pengujian hipotesis yang menggunakan teknis analisis regresi linear sederhana serta koefisien determinan dengan menggunakan program SPSS versi 20.00 Hasil penelitian ini adalah 1) Peran Kelompok Sadar Wisata pada Objek Wisata Pantai Carocok Painan menunjukkan secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 93,91%, 2) Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan menunjukkan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 55,5%, namun masih ada sebagian responden yang menyatakan cukup dengan nilai persentase 4,1%, 3) terdapat Pengaruh yang signifikan antara Peran Kelompok Sadar Wisata Terhadap Sapta Pesona di Objek Wisata Pantai Carocok Painan dengan koefisien regresi sebesar sebesar 0.831 dengan nilai sig. 0.000 < 0.05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan Peran Kelompok Sadar Wisata akan meningkatkan 0.831 Sapta Pesona. Kemudian diperoleh nilai R Square sebesar 0,166 artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 16,6%. Sedangkan 83,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Sadar Wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:07
Last Modified: 12 Nov 2021 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35246

Actions (login required)

View Item View Item