Pengaruh Cognitive Dissonance Bias, Overconfidence Bias dan Herding Bias terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang Melakukan Investasi Di Bursa Efek Indonesia).

Afriani, Dila (2021) Pengaruh Cognitive Dissonance Bias, Overconfidence Bias dan Herding Bias terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang Melakukan Investasi Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DILA_AFRIANI_15043006_2883_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang : 1) pengaruh cognitive dissonance bias terhadap pengambilan keputusan investasi saham, 2) pengaruh overconfidence bias terhadap pengambilan keputusan investasi saham, dan 3) pengaruh herding bias terhadap pengambilan keputusan investasi saham. Jenis penelitian ini tergolong asosiatif. Metode penentuan sampel menggunakan sampling insidental. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuisioner. Sampel penelitian ini berjumlah 133 orang yang menjadi investor saham. Analisis pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa cognitive dissonance bias tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,407 > 0,05, overconfidence bias tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi saham dengan nilai signifikansi 0,208 > 0,05 serta herding bias berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan investasi dan menggunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang sebagai subjek penelitian untuk menguji pengaruh cognitive dissonance bias, overconfidence bias dan herding bias terhadap pengambilan keputusan investasi saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:24
Last Modified: 10 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35229

Actions (login required)

View Item View Item