Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang

Ingga, Adra Permata (2021) Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup dan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADRA_PERMATA_INGGA_17016052_2382_2021.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan adalah desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021, yaitu 135 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 35% dari jumlah populasi per kelas dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian berupa skor hasil tes penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini adalah tes, yaitu tes objektif penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,21. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 79,38. Ketiga, terdapat korelasi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lengayang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Ho ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung ( 6,80) lebih besar dari ttabel (1,68). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup, maka akan semakin baik pula kemampuan siswa dalam menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:30
Last Modified: 08 Nov 2021 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item