Efektifitas Teknik Token Economy dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk pada Anak ADHD Kelas I di MI No. 41/E3 SEMERAP (Single Subjeck Research).

Syukria, Elgo (2022) Efektifitas Teknik Token Economy dalam Meningkatkan Ketahanan Duduk pada Anak ADHD Kelas I di MI No. 41/E3 SEMERAP (Single Subjeck Research). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ELGO_SYUKRIA_17003118_903_2022.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Dimana peneliti menemukan masalah di kelas satu MI, saat proses pembelajaran berlangsung siswa menunjukkan perilaku seperti anak ADHD (hyperactive) yaitu sering meninggalkan tempat duduk. Dari hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk menguji keefektifitas teknik token economy untuk meningkatkan ketahanan duduk pada anak ADHD. Metode penelitian menggunakan eksperimen subjek tunggal dengan satu subjek yang duduk di kelas satu MI. Data mengenai ketahanan duduk anak diperoleh melalui pencacatan observasi langsung dalam bentuk durasi. Desain penelitian ini menggunakan A1-B-A2 untuk melihat ketahanan duduk anak. Kondisi A1 yaitu baseline sebelum mendapatkan intervensi, B yaitu intervensi dan A2 kondisi setelah diberikan intervensi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis visual grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada setiap kondisi. (A1) sebanyak empat kali diperoleh skor 0%, (B) sebanyak enam kali diperoleh skor 66,66%, dan (A2) sebanyak lima kali dan diperoleh skor 60%. Sehingga teknik modifikasi perilaku dengan token economy berpengaruh dalam meningkatkan ketahanan duduk pada anak ADHD (hyperactive) kelas 1 di MI No 41/E3 SEMERAP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANAK BERKEBUTUHAN KUSUS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:25
Last Modified: 15 Jun 2022 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35172

Actions (login required)

View Item View Item