Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran yang digunakan Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Ekonomi Kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Cassandra, Anne (2021) Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran yang digunakan Guru dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Ekonomi Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANNE_CASSANDRA_16053040_1483_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa, terutama dalam menumbuhkan semangat dan motivasi terhadap siswa itu sendiri. Motivasi yang diberikan guru akan mendorong dan mengarahkan siswa dalam kegiatan belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan bervariasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan guru, mengetahui bagaimana motivasi belajar ekonomi siswa dan mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang digunakan guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman. Hal ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang digunakan guru dan angket motivasi belajar kepada siswa. Pernyataan dalam angket masing-masing terdiri atas 23 butir pernyataan untuk persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang digunakan guru dan 27 butir pernyataan untuk motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan distribusi skor, Mean, TCR dan analisis korelasi yang bisa dijadikan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi siswa tentang metode pembelajaran yang digunakan guru tergolong dalam kategori baik untuk indikator kesesuaian dengan pengelolaan siswa dikelas sebesar 86,92%, motivasi belajar ekonomi siswa dalam kategori tinggi untuk indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan sebesar 81,77%, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang metode pembelajaran yang digunakan guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa di SMAN 3 Pariaman. Hubungan persepsi tentang metode pembelajaran yang digunakan guru dangan motivasi belajar ekonomi siswa dinyatakan cukup kuat dengan persentase 38,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:28
Last Modified: 08 Nov 2021 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35165

Actions (login required)

View Item View Item