Keefektifan Kalimat dalam Teks Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak

Dewi, Ayu Lestari (2021) Keefektifan Kalimat dalam Teks Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_AYU_LESTARI_DEWI_17016006_4068_2021.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi struktur kalimat teks prosedur karya siswa kelas XI SMA Negeri X Koto Singkarak. Kedua, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari ketepatan pilihan kata teks prosedur karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak. Ketiga, mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi ketepatan ejaan teks prosedur karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Sumber data dalam penelitian ini berupa tulisan teks prosedur karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak yang ditinjau dari tiga indikator, yaitu ketepatan struktur kalimat, ketepatan pilihan kata, dan ketepatan ejaan. Data penelitian diperoleh dengan cara meminjam tugas teks prosedur karya siswa kepada guru. Data tersebut dengan langkah-langkah (1) mengidentifikasi data sesuai dengan konsep atau teori kalimat efektif, struktur kalimat, pilihan kalimat, pilihan kata dan ejaan, (2) mengidentifikasi data berdasarkan teori yang terjadi acuan. (3) menganalisis data dengan cara mencatat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan kalimat efektif, struktur pilihan kata dan ejaan, (4) menginterpretasikan data yang sudah dianalisis, dan (5) menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, dari 214 kalimat yang digunakan sebagai data penelitian, terdapat 43 kalimat efektif dari 171 kalimat tidak efektif. Hal itu berarti masih kurangnya pemahaman karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak tentang kalimat efektif dalam teks prosedur. Ketidakefektifan 171 kalimat tersebut disebabkan karena tidak memenuhi satu atau lebih dari indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Kedua, 18 kalimat tidak efektif dari segi struktur kalimat. Ketidakefektifan tersebut disebabkan karena salah satu unsur tidak lengkap. Ketiga, 149 kalimat tidak efektif dari segi penggunaan pilihan kata. Hal tersebut disebabkan karena pilihan kata yang tidak tepat. Keempat, 138 kalimat tidak efektif dari segi penggunaan ejaan. 36 kalimat pada ketidaktepatan penggunaan huruf kapital, 58 kalimat pada ketidaktepatan penggunaan tanda titik, dan 44 kalimat pada ketidaktepatan penggunaan tanda koma. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kalimat dalam teks prosedur karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 X Koto Singkarak tidak efektif. Hal ini dibuktikan dari 214 kalimat yang diteliti, terdapat 43 kalimat efektif dan 171 kalimat tidak efektif dengan 305 kesalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:35
Last Modified: 05 Nov 2021 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35160

Actions (login required)

View Item View Item