Pembuatan Indeks Beranotasi Artikel Surat Kabar Padang Ekspress dan Singgalang tentang Covid-19 Tahun 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang

Apriana, Anjeli (2021) Pembuatan Indeks Beranotasi Artikel Surat Kabar Padang Ekspress dan Singgalang tentang Covid-19 Tahun 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Anjeli_Apriana_18026007_4435_2021.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas mengenai pembuatan indeks beranotasi artikel surat kabar Padang Ekspress dan Singgalang tentang Covid-19 tahun 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang yang digunakan sebagai alat telusur informasi dalam melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati secara langsung ke koleksi surat kabar yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang khususnya koleksi surat kabar. Hasil data yang diperoleh saat melakukan pengamatan langsung yaitu 81 artikel covid-19 surat kabar Padang Ekspress dan 68 artikel covid-19 pada surat kabar Singgalang. Pembuatan indeks beranotasi artikel surat kabar Padang Ekspress dan Singgalang tentang covid-19 tahun 2020 terdiri dari delapan tahapan, yaitu: (1) Penyeleksian artikel surat kabar dengan menyeleksi artikel mana yang akan dibuatkan indeksnya; (2) Membuat Deskripsi Artikel Surat Kabar dengan melakukan pencatatan informasi di dalam artikel surat kabar; (3) Pembuatan anotasi dengan membuat isi ringkas artikel; (4) Penentukan kata kunci yang dapat diperoleh dari judul artikel atau dengan membaca isi artikel; ( 5) Pembuatan indeks artikel surat kabar yang dilengkapi dengan anotasi dan kata kunci; ( 6) Penyusunan indeks beranotasi artikel covid-19 berdasarkan nomor entri artikel; (7) Pengetikan indeks yang diketik dengan menggunakan komputer; (8) pemeriksaan naskah akhir. Kedua, adapun untuk hasil validasi dan uji coba yang dilakukan kepada tiga orang validator dan tujuh orang responden maka produk indeks beranotasi artikel surat kabar tentang covid-19 ini dapat digunakan sebagai alat telusur informasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:34
Last Modified: 05 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item View Item