Persepsi Mahasiswa terhadap Project Based Learning di Kelas Microteaching

Alyani, Annisya Amelia (2021) Persepsi Mahasiswa terhadap Project Based Learning di Kelas Microteaching. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANNISYA_AMELIA_ALYANI_17018067_4217_2021.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Project Based Learning sebagai salah satu metode yang diusulkan oleh kurikulum 2013 selain memberikan banyak kemudahan, juga terdapat kendala, sehingga menimbulkan berbagai persepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan persepsi mahasiswa terhadap project based learning dan faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa di kelas microteaching di Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 56 mahasiswa semester 6 yang mengambil matakuliah Microteaching di Jurusan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan 6 indikator dan 17 pernyataan melalui aplikasi google form dan wawancara dengan 15 mahasiswa yang dipilih melalui hasil kuesioner dengan 5 indikator inti. Hasil dari penelitian diketahui bahwa mayoritas mahasiswa microeaching Jurusan Bahasa Inggris memiliki persepsi positif atau baik terhadap pengimplementasian project based learning dikelas microteaching. Mereka setuju beranggapan bahwa penggunaan project based learning dikelas memotivasi siswa untuk belajar dan lebih aktif dikelas, mandiri, meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi siswa, dan meningkatkan kemampuan mengatur waktu. Namun, mahasiswa microteaching masih menemukan beberapa kendala seperti siswa dengan kelemahan dalam pengumpulan data memiliki kesulitan dalam proses belajar, beberapa siswa kurang aktif dikerja kelompok, dan pengaturan alokasi waktu penerapan metode ini. Persepsi mahasiswa terhadap project based learning dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mereka diantaranya stereotip, selektivitas, konsep diri, situasi, kebutuhan dan emosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:02
Last Modified: 05 Nov 2021 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35150

Actions (login required)

View Item View Item