Minat Siswa terhadap Pembelajaran Praktek Rekorder di SMP Negeri 1 Pariaman

Gunawan, Anugrah (2021) Minat Siswa terhadap Pembelajaran Praktek Rekorder di SMP Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANUGRAH_GUNAWAN_16023057_2231_2021.pdf

Download (818kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Minat Siswa terhadap Pembelajaran Praktek Rekorder di SMP Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dijabarkan dengan statistik deskriptif Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 SMP Negeri 1 Pariaman. Instrumen penelitian ini berupa angket (kuisioner). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket (kuisioner) dan pengembalian angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran praktek rekorder yang dilakukan dikelas dengan cara menerapkan pendekatan yang berpusat pada siswa, dimana dalam proses pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih aktif strategi yang diterapkan yaitu gabungan teori dengan praktek, dimana trategi pembelajaran individual adalah perancangan aktivitas belajar mandiri bagi siswa. metode yang diterapkan adalah metode ceramah dan diskusi. Dengan menggunakan metode ini, seorang pengajar atau pendidik akan lebih mudah menjelaskan materi yang akan disampaikan, bahkan proses pembelajaran akan berjalan dengan efektif Teknik yang diterapkan adalah teknik diskusi, yaitu suatu teknik dimana guru menyajikan suatu permasalahan dan siswa diminta mengungkapkan ide, opini, argumentasi serta narasi yang berkaitan dengan materi tersebut. Taktik pembelajaran yang dierapkan adalah dengan pembelajaran yang diselingi dengan humor sehingga akan lebih menarik minat siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah dengan model pembelajaran langsung, yaitu siswa dapat mengembangkan pengetahuan, kemampuan berfikir, dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung. Hasil dari bentuk pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa minat siswa tergolong tinggi, dilihat dari indikator perasaan dengan persentase sebesar 68,89%. Indikator ketertarikan tergolong dalam kategori Tinggi, dengan persentase sebesar 68, 12%. Indikator keterlibatan tergolong dalam kategori Tinggi, dengan persentase sebesar 72,62%. Dan indikator penerimaan tergolong dalam kategori Tinggi, dengan persentase sebesar 71,67%. Maka minat keseluruhan siswa terhadap Pembelajaran Praktek Rekorder di SMP Negeri 1 Pariaman tergolong dalam kategori Tinggi, dengan persentase sebesar 70,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:52
Last Modified: 04 Nov 2021 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item View Item