Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya melalui Media Audiovisual pada Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Bonjol

Firman, Elfina (2021) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya melalui Media Audiovisual pada Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Bonjol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ELFINA_FIRMAN_17023096_3038_2021.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual pada pelajaran seni budaya.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bonjol yang berjumlah 36 siswa yang terbagi dalam 2 sesi yaitu sesi ganjil dan sesi genap. Instrumen penelitian adalah lembar pengamatan motivasi siswa dan angket.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dikelas XI MIPA 1 dengan menggunakan media audiovisual. Hal tersebut dapat dilihat dari masing-masing indikator mengalami peningkatan. Pada indikator senang dengan rata-rata 60% meningkat menjadi 78%, indikator perhatian dengan rata-rata 47% meningkat menjadi 67%, indikator konsentrasi dengan rata-rata 44% meningkat menjadi 76%, indikator ketekunan dengan rata-rata 38% meningkat menjadi 65%. Rata- rata hasil pengamatan pada siklus I yaitu 4 7% dikategorikan sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 71 % dikategorikan tinggi.Selain dari hasil pengamatan motivasi belajar siswa terdapat juga hasil angket yang meningkat yaitu pada siklus I sebesar 77% dan disiklus II sebesar 86%. Dengan demikian penulis menarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media audiovisual pada pembelajaran seni budaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIP A 1 SMA Negeri 1 Bonjol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:51
Last Modified: 04 Nov 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35134

Actions (login required)

View Item View Item