Pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi.

Sari, Agita Mellara (2021) Pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AGITA_MELLARA_SARI_16059035_3288_2021.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 235 perusahaan-tahun. Namun, sampel akhir dari penelitian ini adalah 216 karena data outlier. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang digunakan adalah model Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS 25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) VAIC berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA dan MBVR (2) VACA berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA dan MBVR (3) VAHU berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA dan MBVR ( 4) STVA berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dan MBVR (5) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memoderasi hubungan VAIC dengan ROA dan MBVR (6) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan dalam memoderasi hubungan antara VACA dan ROA dan MBVR (7) Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan dalam memoderasi hubungan antara VAHU dan ROA dan MBVR (8) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan dalam memoderasi hubungan antara STVA dan ROA dan MBVR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:51
Last Modified: 04 Nov 2021 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35130

Actions (login required)

View Item View Item