Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi

Deswanda, Anisa (2021) Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANISA _DESWANDA_17016092_4281_2021.pdf

Download (888kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penggunaan struktur teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan penggunaan kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis adalah penggunaan struktur dan kebahasaan dari teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu berupa dokumen tugas teks eksplanasi siswa saat pembelaj aran bahasa Indonesia. sumber data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang disimpan guru dalam bentuk tulisan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, struktur yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N egeri 3 Bukittinggi ditemukan tiga struktur teks eksplanasi, yaitu pemyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Dari 20 teks yang dianalisis ditemukan 20 teks eksplanasi yang sudah memiliki struktur pemyataan umum, namun dari 20 teks terdapat 4 teks yang struktur pemyataan umumnya tidak tepat. Dari 20 teks yang dianalis, ditemukan sebanyak 19 teks eksplanasi sudah memiliki struktur deretan penjelas dan dari 19 teks eksplanasi terdapat 7 teks yang memiliki struktur deratan penj elasnya tidak tepat. Dari 20 teks eksplanasi yang dianalisis, terdapat 19 teks eksplanasi sudah memiliki struktur interpretasi, namun dari 19 teks eksplanasi tersebut terdapat 7 teks yang struktur interpretasinya tidak tepat. Kedua, kebahasaan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi ditemukan tiga kebahasaan teks eksplanasi, yaitu kata istilah, konjungsi kausalitas, dan konjungsi kronologis. Dari 20 teks siswa yang dianalisis 20 teks telah menggunkan kata istilah, 18 teks telah menggunakan konjungsi kausalitas, dan 14 teks telah menggunakan konjungsi kronologis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, ditemukan tiga struktur teks eksplanasi, yaitu pemyataan umum, deretan penjelas dan interpretasi. Pada ketiga struktur teks eksplanasi yang ditulis siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi masih ada yang tidak tepat dalam penulisannya. Begitu juga pada kebahasaan teks eksplanasi, dari ketiga kebahasaan teks eksplanasi yang ditulis siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi kata istilah dan konjungsi kausalitas masih belum tepat. N amun, pada konjungsi kronologis pada teks eksplanasi sudah tepat dalam penulisannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:20
Last Modified: 03 Nov 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35076

Actions (login required)

View Item View Item