Nilai-nilai Sosial Kumpulan Cerpen Seribu Kisah dari Gerbang Sekolah Karya Nanda Evawandry

Ajuen, Dewin (2021) Nilai-nilai Sosial Kumpulan Cerpen Seribu Kisah dari Gerbang Sekolah Karya Nanda Evawandry. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DEWIN_AJUEN_16016071_4190_2021.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Dalam karya sastra terkandung pengalaman, ilmu pengetahuan, dan nilai- nilai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial kumpulan cerpen Seribu Kisah dari Gerbang Sekolah karya Nanda Evawandry dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskripti£ Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang mengandung nilai sosial. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Seribu Kisah dari Gerbang Sekolah karya Nanda Evawandry. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama. Selanjutnya, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan objek yang diteliti berupa kumpulan cerpen. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen Seribu Kisah dari Gerbang Sekolah karya Nanda Evawandry. Nilai sosial tersebut terdiri nilai tolong menolong, nilai kekeluargaan, nilai kepedulian, nilai tanggung jawab, nilai empati, dan nilai musyawarah. Nilai sosial tolong menolong dilakukan dengan lima cara, yaitu menolong orang lain dengan bantuan pengetahuan, materi, tenaga, emosional, dan memberi pekerjaan. Nilai sosial kekeluargaan dibedakan menjadi dua, yaitu nilai sosial kekeluargaan dalam keluarga inti dan dalam lingkungan umum. Nilai kepedulian dibedakan jadi dua, yaitu peduli kepada orang lain dan peduli kepada saudara sendiri. Nilai tanggunng jawab dibedakan menjadi tiga, yaitu tanggung jawab kepada keluarga, perintah Tuhan, dan kepada sesama. Nilai sosial empati dibedakan menjadi dua, yaitu empati kepada anggota keluarga dan empati kepada orang lain. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran cerpen di kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:19
Last Modified: 03 Nov 2021 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35072

Actions (login required)

View Item View Item