Kontribusi Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Mekanik PT. Honda Gajah Motor Kota Padang

Andri, Musri (2021) Kontribusi Penerapan Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Mekanik PT. Honda Gajah Motor Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_MUSRI_ANDRI_17073138_3567_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontribusi penerapan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja mekanik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi penerapan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja mekanik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitian ini adalah mekanik bengkel PT. Honda Gajah Motor Kota Padang, yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga teknik, yaitu tenik pengumpulan data menggunakan observasi, penyebaran angket instrumen, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik korelasi regresi. Analisis korelasi regresi dilakukan dengan bantuan program komputer. Hasil data penelitian untuk variabel Penerapan Aspek K3 diperoleh nilai rata-rata 95,53 standar deviasi 5,117. Sedangkan Produktivitas Kerja Mekanik didapat nilai rata-rata 58,80 dan standar deviasi 3,418. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh nilai r hitung 0.753 > r tabel 0.361. Setelah dilakukan uji t, diketahui bahwa t hitung 6,064 > ttabel 1.697. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara kedua variabel (jelas) dengan taraf signifikan 5%. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasl penelitian ini sesuai dan saling mendukung dengan kajian teori yang secara umum mengatakan bahwa penerapan aspek K3 berkontribusi positif terhadap produktivitas kerja mekanik. Artinya semakin tinggi penerapan aspek K3 mekanik semakin tinggi pula produktivitas kerja mekanik tersebut, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:19
Last Modified: 02 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35059

Actions (login required)

View Item View Item