Analisis Pengaruh Geometri Peledakan terhadap Fragmentasi Hasil Peledakan dan Digging Time Alat Gali Muat Backhoe Caterpillar 6030 Pada Area Pit Limit PT. Semen Padang Indarung Provinsi Sumatera Barat

Adha, Muhammad Tareq (2021) Analisis Pengaruh Geometri Peledakan terhadap Fragmentasi Hasil Peledakan dan Digging Time Alat Gali Muat Backhoe Caterpillar 6030 Pada Area Pit Limit PT. Semen Padang Indarung Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_MUHAMMAD_TAREQ_ADHA_16137067_3514_2021.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang merupakan perusahaan pertambangan yang menggunakan metode tambang terbuka yaitu penambangan Quarry Side Hill, yaitu metode penambangan yang dilakukkan menggali endapan bahan galian industri atau mineral non logam. Batuan yang akan diangkut ke crusher harus diledakkan terlebih dahulu. Hasil pengamatan di lapangan dari geometri peledakan aktual yang diterapkan oleh perusahaan diperoleh fragmentasi hasil peledakan berukuran boulder dengan persentase sebesar + 31%. Besarnya persentase boulder mengakibatkan diggability alat gali muat tidak maksimal, dimana digging time alat gali muat tidak sesuai target perusahaan yaitu 12 detik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang geometri peledakan optimum untuk mengurangi persentase boulder sehingga kegiatan pemuatan menjadi efektif dan diggabillity alat gali muat meningkat. Metode penelitian dilakukan dengan memberikan rekomendasi geometri peledakan berdasarkan metode C.J Konya dan R.L. Ash. Adapun geometri usulan yang diberikan yaitu : burden: 3 m, spasi 3,5 m, stemming: 3 m, subdrilling: 1 m, tinggi jenjang: 8 m, kedalaman lubang ledak: 9 m, powder column: 6 m, dan powder factor : 0,26 kg/ton, dimana prediksi fragmentasi ukuran boulder yang dihasilkan dari hasil analisis sebesar 11,92 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:18
Last Modified: 02 Nov 2021 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35056

Actions (login required)

View Item View Item