Analisis Tingkat Kepentingan dan Kebutuhan FasilitasWisata bagi Wisatawan Melalui Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Talao Pauh Kota Pariaman

Stifany, Cantika Claudia (2021) Analisis Tingkat Kepentingan dan Kebutuhan FasilitasWisata bagi Wisatawan Melalui Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Talao Pauh Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_CANTIKA_CLAUDIA_STIFANY_17135009_3687_2021.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepentingan dan kinerja/kebutuhan fasilitas wisata bagi pengunjung di objek wisata Talao Pauh Kota Pariaman. penelitian ini terdiri dari 3 indikator fasilitas wisata yaitu: fasilitas utama wisata, fasilitas pendukung wisata, dan fasilitas pelengkap wisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke objek wisata talao pauh kota pariaman dengan jumlah populasi 2078 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non probality sampling dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) menggunakan skala likert dengan metode importance performance analysis (IPA) dan pengkategorian tingkat berdasarkan empat kuadran diagram kartesius. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kepentingan da kinerja/kebutuhan fasilitas wisata bagi pengunjung di objek wisata talao pauh kota pariaman secara umum 55% pengunjung menyatakan fasilitas wisata sangat penting. Sedangkan berdasarkan sub indikator fasilitas wisata yaitu: 1) 77% fasilitas utama wisata berupa angkuta umum, restoran, dan akomodasi merupakan fasilitas utama wisata yang sangat penting dan perlu disediakan. 2) 66,6% pengunjung menyatakan fasilitas pendukung wisata berupa souvenir shop merupakan fasilitas wisata yang sangat penting dan perlu disediakan. 3) 37,5% pengunjung menyatakan fasilitas pelengkap wisata berupa fasilitas rekreasi dan fasilitas umum merupakan fasilitas yang sangat penting dan perlu disediakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:17
Last Modified: 02 Nov 2021 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35046

Actions (login required)

View Item View Item