Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat (Lullaby) Malelaan Anak Masyarakat Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kata Padang

Apriani, Tris Fatma (2021) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat (Lullaby) Malelaan Anak Masyarakat Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kata Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Tris_Fatma_Apriani_17017022_1583_2021.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Struktur Nyanyian Rakyat Lullaby Malelaan Anak Masyarakat Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kata Padang, dan (2) Fungsi Sosial nyanyian Rakyat Lullaby Malelaan Anak Masyarakat Kelurahan Limau Manis Kacamatan Pauh Kata Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah nyanyian rakyat Lullaby MalelaanAnak Masyarakat Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kata Padang. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman, pencatatan, pengamatan dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) Tahap klasifikasi/ analisis data, (2) Tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data, (3) Tahap Pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur teks nyanyian rakyat Lullaby Malelaan Anak masyarakat Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kata Padang terdiri atas; ( 1 )Struktur dalam penelitian ini terbagi dua, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Struktur fisik terdiri atas (a) tata wajah (tipografi) yang terdiri dari delapan puluh tiga baris dengan paling sedikit empat sampai sepuluh kata dan dua puluh satu bait dengan dominan empat baris dalam satu bait; (b) diksi bersinonim yang tepat, seperti pemakaian sikola yang berarti sekolah; (c) pengimajian (citraan) yang dimiliki yakni citraan penglihatan, pendengaran, rasaan dan citraan gerak; (d) kata-kata yang dikonkretkan; (e) bahasa figuratif berupa penggunaan majas metafora, sinekdoce, dan ironi; (f) rima, yakni kakfoni dan efoni, aliterasi dan asonansi, serta anafora dan epifora. Pada struktur batin terdiri atas (a) tema yang terdapat dalam teks Malelaan Anak adalah tema Ketuhanan dan Terna Kemanusian; (b) perasaan, perasaan yang diekspresikan berupa perasaan senang dan cemas; (c) nada dan suasana, sikap nada dalam teks Malelaan Anak yaitu menyuruh dan kesungguhan hati dengan suasana senang dan gelisah; (d) amanat, amanat yang terdapat dalam teks nyanyian Malelaan Anak adalah janganlah tinggalkan sholat, mengaji dan sekolah kemudian jadi orang baiklah agar selalu disayang dan dihargai orang banyak. (2) fungsi sosial nyanyian rakyat Lullaby Malelaan Anak masyarakat Kelurahan Limau Manis yaitu, (a) sebagai fungsi kreatif, (b) fungsi sebagai sarana hiburan, (c) fungsi sebagai sarana pendidikan dan (d) sebagai sarana pewarisan tradisi lisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2021 07:30
Last Modified: 01 Nov 2021 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35017

Actions (login required)

View Item View Item