Kematangan Perencanaan Karir Siswa MAN 1 Agam

Zetrizal, Zetrizal (2021) Kematangan Perencanaan Karir Siswa MAN 1 Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ZETRIZAL_15006081_1866_2021.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Kematangan perencanaan karir adalah proses di mana individu telah mampu dengan baik mengenal dan memahami dirinya sendiri, memiliki pengetahuan tentang dunia karir yang diinginkan, serta mampu mengintegrasikan informasi diri dengan pekerjaan yang ada atau pendidikan lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan perencanaan karir siswa MAN 1 Agam da1am hal: 1) Mendeskripsikan kematangan perencanaan karir siswa MAN dari keseluruhan aspek 2) Mendeskripsikan kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek pengetahuan dan pemahaman tentang diri. 3) Mendeskripsikan kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek pengetahuan dan pemahaman tentang pekerjaan. 4) Mendeskripsikan kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek mengintegrasikan informasi diri dengan pekerjaan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa MAN 1 Agam yang terdiri dari kelas X sampai kelas XII. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 173 orang siswa berdasarkan teknik Propotional Random Sampling. Penelitian dilaksanakan dengan mengadministrasikan angket kematangan perencanaan karir siswa. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Temuan penelitian ini mendeskripsikan hasil kematangan perencanaan karir siswa MAN 1 Agam berada pada kategori cukup matang. Lebih rincinya (1) Kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek pengetahuan dan pemahaman tentang diri berada pada kategori cukup baik, (2) Kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek pengetahuan dan pemahaman tentang pekerjaan berada pada kategori cukup baik, (3) kematangan perencanaan karir siswa MAN berdasarkan aspek mengintegrasikan informasi diri dengan pekerjaan yang ada berada pada kategori cukup baik. Bantuan yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah berupa layanan-layanan dalam bimbingan dan konseling. Adapun jenis-jenis layanan yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah (1) layanan informasi; (2) layanan penempatan dan penyaluran; (3) layanan penguasaan konten; (4) layanan konseling individual dan (4) layanan bimbingan kelompok; dan (6) layanan konseling kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:32
Last Modified: 29 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35000

Actions (login required)

View Item View Item