Pengembangan E-LKPD Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Prastika, Yuri (2021) Pengembangan E-LKPD Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YURI_PRASTIKA_17129111_2369_2021 (1).pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Teknologi yang mengalami perkembangan yang pesat dan mempengaruhi pada perkembangan pendidikan. Pembelajaran hendaknya melibatkan teknologi disesuaikan kurikulum 2013 yang menginginkan peserta didik turut aktif dalam proses pembelajaran. Namun, pada kenyataannya dalam proses pembelajaran tidak mencerminkan keadaan keaktifan peserta didik. Maka dari itu, diperlukan E-LKPD yang menarik dihubungkan dengan pekembangan teknologi agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan E-LKPD segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Tjeer Plomp. Prosedur model penelitian pengembangan Plomp ini terdiri dari tiga yaitu preliminary research, prototyping stage, dan assessment stage. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV SDN 07 Binuang Kampung Dalam. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Instrument penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji validasi E-LKPD secara keseluruhan oleh tiga validator, yaitu aspek materi, media dan bahasa memperoleh nilai rata-rata 87,68% dengan kategori sangat valid, (2) Hasil uji praktikalitas E-LKPD oleh guru dan peserta didik masing-masing diperoleh nilai 95,83% dan 93,41% dengan kategori sangat praktis, (3) hasil uji efektivitas dengan perhitungan uji t yaitu t hitung > t tabel atau 5,94361 > 2,262, serta memperoleh nilai rata-rata pretest 68,3 dan memperoleh nilai rata-rata posttest 89,2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa E-LKPD segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34999

Actions (login required)

View Item View Item