Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 15 Sungai Taleh kabupaten Agam

Iqbal, Yonanda (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 15 Sungai Taleh kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YONANDA_IQBAL_16129244_1564_2021.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukan belum maksimalnya hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tematik terpadu kurang mengorientasikan siswa dan tidak berorientasi pada masalah nyata yang ada di sekitar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ialah 12 orang siswa, 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan kelas V SDN 15 Sungai Taleh Kabupaten Agam. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 76,83% (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (A). ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 80,35% (B) meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (A). Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I adalah 76,72% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (A). Pada hasil belajar siswa rata-rata siklus 1 yakni 74,17% (C) meningkat pada siklus 2 menjadi 84,84% (B) Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34998

Actions (login required)

View Item View Item