Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Hias Batok Kelapa Melalui MediaVideo Tutorial Bagi Anak Tunarungu di Kelas VIII SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping

Fadil, Rabbiul (2021) Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Hias Batok Kelapa Melalui MediaVideo Tutorial Bagi Anak Tunarungu di Kelas VIII SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RABBIUL_FADIL_17003065_3631_2021.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan keterampilan membuat lampu hias dari batok kelapa oleh anak tunarungu melalui media video tutorial . Penelitian ini didasari pada permasalahan pada anak tunarungu yang belum mahir dalam membuat keterampilan khususnya pada pembuatan lampu hias dengan batok kelapa. Dengan adanya keterampilan membuat lampu hias dari batok kelapa menggunakan media video tutorial ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dan keterampilan ini nantinya dapat berguna bagi anak tunarungu setelah selesai menempuh pendidikan. Metode yang digunakan didalam artikel ini adalah tindakan kelas. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini didapatkan berdasarkan observasi, tes, dan dokumentasi. Tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada setiap siklusnya terdapat tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan juga refleksi. Adapun hasil tindakan pada siklus I yaitu R 61 %, MF 58 %, dan F 72%. Sedangkan pada siklus II mendapatkan hasil R 83 %, MF 91%, F 97%. Adapun hasil yang didapatkan setelah dilakukannya tindakan pada anak tunarungu yaitu keterampilan anak dalam membuat lampu hias pada batok kelapa menggunakan media video tutorial mengalami peningkatan dalam membuat keterampilan lampu hias dari batok kelapa di SLB Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34997

Actions (login required)

View Item View Item