Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang

Fitriyani, Miranda (2021) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTS Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIRANDA_FITRIYANI_15016045_2294_2021.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2021 dengan jumlah 390 siswa yang tersebar dalam dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 25% menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektifuntuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa VIII MTS Negeri 5 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (74,51). Kedua, Keterampilan menulis teks eksposisi berada pada kualisifikasi baik (75,66). Ketiga, Keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTS Negeri 5 Padang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan untuk dapat menulis teks eksposisi, diperlukan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34995

Actions (login required)

View Item View Item