Hubungan Mindfulness dengan Kepuasan Hidup Siswa dalam Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Sungai Limau

Mirandha, Yolla (2021) Hubungan Mindfulness dengan Kepuasan Hidup Siswa dalam Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Sungai Limau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YOLLA_MIRANDHA_17006045_3614_2021.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Dampak dari pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran adalah penggunaan dan pemanfaatan alat, media serta internet. Sehingga sebagian siswa mengalami kesulitan untuk melakukan konsultasi dengan guru terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam, untuk itu sistem pembelajaran harus sesuai dengan keadaan yang terjadi saat ini. Terkait dengan beberapa persoalan yang dialami siswa selama pembelajara pada masa pandemi Covid-19 ini dapat disimpulkan bahwa aspek yang menjadi kendala pertama adalah kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19. Yang mana kepuasan hidup merupakan suatu kondisi yang hampir dialami setiap orang, hanya saja dalam penerimaan terhadap dirinya yang berbeda-beda. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan mindfulness siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19, mendeskripsikan kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19, dan menguji hubungan mindfulness dengan kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 602 orang siswa SMA Negeri 2 Sungai Limau. Dengan jumlah sampel yang didapat adalah sebanyak 256 orang siswa SMA Negeri 2 Sungai Limau. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase untuk mengetahui tingkat mindfulness dan kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara keduanya digunakan teknik analisis data Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan SPSS versi 20.0 For Windows. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan: (1) mindfulness siswa dalam kategori tinggi dengan rata-rata pencapaian presentase 43%, (2) kepuasan hidup siswa dalam kategori sedang dengan rata-rata pencapaian presentase 70,3% dan (3) terdapat hubungan yang positif secara signifikan antara mindfulness dengan kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19 sebesar 0,632 pada taraf signifikan 0,000. Implikasi dari layanan bimbingan dan konseling adalah guru BK memberikan layanan kepada siswa terkait masalah mindfulness dan kepuasan hidup siswa dalam belajar pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:38
Last Modified: 29 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34984

Actions (login required)

View Item View Item