Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Mengggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay - Two Stray (TSTS) di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang

Ningsih, Widya (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Mengggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay - Two Stray (TSTS) di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WIDYA_NINGSIH_17129434_17129434_2021.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni menunjukkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok dan inovatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif tipe Two Stay – Two Stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang yang berjumlah 24 orang siswa, 15 orang siswa perempuan,dan 9 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,94% dengan kualifikasi B (Baik) dan siklus II menjadi 91,67% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), b) Pelaksanaan aktivitas guru siklus I rata-rata 85,71% dengan kualifikasi B (Baik) dan siklus II 92,85% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), sedangkan pelaksanaan aktivitas siswa siklus I rata-rata 83,92% dengan kualifikasi B (Baik), dan siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 74 dengan kualifikasi C (Cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata 86 dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Kooperatif tipe Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:36
Last Modified: 29 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34975

Actions (login required)

View Item View Item