Hubungan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa

Ramadani, Ulfa Yenisa (2021) Hubungan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ULFA_YENISA_RAMADANI_16006089_4619_2021.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Perencanaan karir adalah suatu proses yang dimiliki individu untuk menyusun dan merancang persiapan dalam pemilihan pekerjaan dan studi lanjutan agar masa depan seorang individu dapat terwujud. Perencanaan karir dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya konsep diri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena siswa yang merasa bingung tentang perencanaan karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perencanaan karir siswa ditinjau dari konsep diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dengan jumlah 218 orang siswa. Jumlah sampel adalah 141 orang siswa yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen model skala Likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum konsep diri siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 38,30%, (2) secara umum perencanaan karir siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 34,04%, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa dengan rxy = 0,536 dan taraf signifikan sebesar 0,000. Dapat disimpulkan jika konsep diri siswa positif maka semakin baik perencanaan karir siswa. Sebaliknya jika konsep diri siswa rendah maka semakin rendah perencanaan karir siswa. Maknanya, konsep diri merupakan salah satu faktor perencanaan karir. Berdasarkan temuan penelitian ini guru BK diharapkan dapat memberikan bantuan layanan dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait untuk meningkatkan konsep diri serta mengembangkan perencanaan karir siswa. Agar siswa mampu mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya serta mampu mengenali minat, bakat dan potensi untuk merencanakan karirnya dengan menyusun program layanan Bimbingan dan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:46
Last Modified: 28 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34970

Actions (login required)

View Item View Item