Hubungan Budaya Sekolah dengan Disiplin Siswa

Foni, Tri Septia (2021) Hubungan Budaya Sekolah dengan Disiplin Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TRI_SEPTIA_FONI_17006183_3263_2021.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu sarana fisik, kualitas guru dan prestasi siswa, iklim dan budaya sekolah. Jika iklim dan budaya sekolah baik maka akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang ada, dikarenakan nilai, moral, sikap serta tingkah laku siswa dalam sekolah dapat merubah struktur dalam budaya sekolah. Kegiatan belajar di sekolah, siswa tidak terlepas dari peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolah, dimana siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang ada di sekolah tersebut. Disiplin sangat penting diterapkan karena dapat memberikan dukungan agar terciptanya perilaku yang tidak menyimpang, mendorong siswa melakukan yang baik dan benar, dan menjauhi untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah. Namun kenyataan dilapangan yang ditemukan banyak siswa yang sering bolos sekolah, mengejek teman yang bertanya ketika proses belajar mengajar, tingkat kehadiran siswa yang masih belum optimal. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah, mendeskripsikan disiplin siswa dan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara budaya sekolah dengan disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI SMA N 1 Kubung berjumlah 612 siswa dengan sampel sebanyak 242 siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner budaya sekolah dan disiplin siswa dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan budaya sekolah yang ada di SMA N 1 Kubung sudah kondusif, keseluruhan siswa juga memiliki tingkat disiplin yang tinggi dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara budaya sekolah dengan disiplin siswa dengan besar korelasi 0,359 memiliki tingkat hubungan yang lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:46
Last Modified: 28 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34968

Actions (login required)

View Item View Item