Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar

Sri, Refi (2021) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SRI_REFI_17006036_3366_2021.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar diperlukan untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Disiplin belajar adalah sikap patuh pada aturan dan tata tertib untuk memperoleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan. Aspek-aspek disiplin belajar adalah kepatuhan mengikuti proses belajar mengajar dan ketaatan pada jam belajar. Siswa dapat disiplin dalam belajar apabila mendapat dukungan sosial dari teman sebayanya. Dukungan sosial teman sebaya merupakan suatu ketersedian sumber daya yang memberikan kenyamanan fisik dan psikologis melalui interaksi dari orang lain. Dukungan sosial teman sebaya terdiri dari aspek dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan informatif, dukungan instrumental, dan dukungan jaringan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan sosial teman sebaya, disiplin belajar dan hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan disiplin belajar di SMAN 1 Kec. Akabiluru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 42 orang siswa di SMA N 1 Kec. Akabiluru kelas X dan XI. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model skala likert. Skala yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial teman sebaya dan disiplin belajar. Untuk mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya dan disiplin belajar digunakan rumus persentase. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik Pearson Product Moment melalui program statistik SPSS 20.0. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) dukungan sosial teman sebaya beradapada kategorisedang, (2) disiplin belajarberadapada kategorisedang, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan disiplin belajar. Jadi semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, semakin disiplin siswa dalam belajar. Berdasarkan temuan penaltian ini, diharapkan guru BK atau konselor dapat memberikan bantuan berupa layanan�layanan Bimbingan Konseling seperti layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling perorangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:46
Last Modified: 28 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34966

Actions (login required)

View Item View Item