Pencapaian Kompetensi Dasar Materi Musik Kelas XI SMAN 4 Padang

Hanif, Muhammad Zaki El (2021) Pencapaian Kompetensi Dasar Materi Musik Kelas XI SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUHAMMAD_ZAKI_EL_HANIF_15023063_2190_2021.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikanproses pencapaian kompetensi dasar materi musik kelas XI di SMA N 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulan data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran seni budaya materi music kelas XI IS 1 sebagaimana tercermin pada pelaksanaan pembelajarannya, masih belum tercapai sesuai dengan yang direncanakan pada perencanaan pembelajarannya. Alasan peneliti mengatakan masih belum tercapai, karena dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru terfokus pada "praktik memainkan lagu secara instrumental lagu 'Ibu Kita Kartini' dan lagu 'Minangkabau' dengan alat musik pianika, recorder, dan iringan gitar. Penguasaan materi oleh guru juga berperan penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Guru seni budaya di SMA N 4 Padang memiliki keahlian tari, dan kurang begitu menguasai materi seni musik. Hal ini menyebabkan pelaksanaan pembelajaran seni budaya materi musik kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dalam perencanaan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34957

Actions (login required)

View Item View Item