Hubungan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri 6 Bukittinggi

Fitria, Riva Cahyani (2021) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri 6 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RIVA_CAHYANI_FITRIA_17006174_3264_2021.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri saat ini sangat kurang dimiliki oleh siswa, saat ini kepercayaan diri perlu ditanamkan dari kecil kepada anak, karena kepercayaan diri merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Hal yang saya temui dilapangan terdapatnya siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri. Kepercayaan diri itu merupakan keyakinan seseorang bahwa ia dapat menanggulangi permasalahan yang ia alami dengan baik serta dapat memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kepercayaan diri, mendeskripsikan perilaku prososial siswa, dan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku prososial siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa yang masih aktif dalam kegiatan akademik. Seluruh siswa berjumlah 576 siswa dan yang menjadi sampel penelitian kelas VII dan VIII yang berjumlah 421 siswa dengan sampel sebanyak 206 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepercayaan diri dan perilaku prososial siswa dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kepercayaan diri berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 87,70 (64,96%) kebanyakan berada pada kategori tinggi. 2) perilaku prososial siswa berada pada kategori sedang degan rata-rata skor 76 (60,8%) kebanyakan berada pada kategori sedang. Terdapatya hubungan yang berarti kepercayaan diri dengan perilaku prosososial siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan skor koefisien korelasi 0,345 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, dengan besar korelasi 0,345 memiliki tingkat hubungan yang lemah. 3) berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku prososial siswa SMP Negeri 6 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:35
Last Modified: 28 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34947

Actions (login required)

View Item View Item