Perbandingan Karakteristik Cerpen Karya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autis dan Non-ABK Kelas IX SMP Negeri 5 Padang Panjang

Afifah, Nabila Umi (2021) Perbandingan Karakteristik Cerpen Karya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autis dan Non-ABK Kelas IX SMP Negeri 5 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Nabila_Umi_Afifah_17016113_ 3740_2021.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini ada tiga, yaitu ( 1) mendeskripsikan karakteristik struktur dan unsur cerpen karya siswa ABK Autis dan non-ABK autis kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang dalam buku Special Story of Nine One dan Imajinasi Hakeem, (2) mendeskripsikan karakteristik struktur dan unsur cerpen karya siswa ABK Autis dan non-ABK kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang, dan (3) mendeskripsikan karakteristik diksi pada cerpen siswa ABK autis dan siswa non- ABK kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah teori mengenai teks cerpen, yakni (a) konsep dasar teks cerpen, (b) struktur, unsur, dan diksi dalam teks cerpen, dan (c) penganalisisan struktur, unsur, dan diksi dala, teks editorial. Serta teori konsep dasar ABK autis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskripti£ Data dalam penelitian ini adalah struktur, unsur, dan diksi teks cerpen yang diambil dari sumber data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah teks cerpen karya siswa ABK Autis dan non-ABK autis kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang dalam buku Special Story of Nine One dan Imajinasi Hakeem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah uraian rinci. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisian data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, dalam menulis teks cerpen, siswa ABK autis Kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang belum menggunakan keempat struktur teks cerpen. Dari 6 data penelitian, terdapat 3 teks memiliki struktur teks cerpen yang lengkap. Sedangkan siswa non-ABK autis kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang sudah menggunakan keempat struktur teks cerpen. Dari 31 data penelitian, seluruhnya sudah menggunakan struktur orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, dan resolusi. Kedua, dalam menulis teks cerpen, siswa ABK autis Kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang sudah menggunakan keempat unsur teks cerpen. Dari 6 data penelitian, seluruhnya memiliki unsur teks cerpen yang lengkap. Siswa non-ABK autis kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang juga sudah menggunakan keempat struktur teks cerpen. Dari 31 data penelitian, seluruhnya sudah memiliki keempat unsur teks cerpen. Ketiga, dilihat dari penggunaan diksi pada penulisan teks cerpen siswa ABK autis Kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang ketepatan diksinya lebih dominan jika dibandingkan dengan ketidaktepatan diksinya. Dari 6 data, ditemukan 8 diksi yang tidak tepat dari seluruh kata yang berjumlah 1.963. Penggunaan diksi siswa non-ABK autis Kelas IX.1 SMPN 5 Padang Panjang ketepatan diksinya lebih dominan jika dibandingkan dengan ketidaktepatan diksinya. Dari 31 data, ditemukan 12 diksi yang tidak tepat dari seluruh kata yang berjumlah 42.586.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:46
Last Modified: 27 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34938

Actions (login required)

View Item View Item