Struktur dan Diksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Hasanah, Niftahul (2021) Struktur dan Diksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NIFTAHUL_HASANAH_17016159_4387_2021.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskpasikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan strukur teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatra Barat. Kedua, mendeskripsikan penggunaan ditinjau dari segi penulisan, bentuk, dan makna dalam teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat di kelas XI. Teknik penggumpulan data dilalukan dengan dokumentasi. Dokumen yang digunakan adalah kumpulan teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat, yang dikumpulkan saat pembelajaran bahasa Indonesia semester 1.Istrumen peneiltian ini adalah penelitian sendiri yang dibantu dengan format­ format dan buku referensi. Pengenalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kulitatif dengan cara redukasi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ada dua. Pertama, ditemukan tiga bagian struktur teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan di dalam tulisan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Kedua, ditemukan ketepatan diksi yang lebih dominan berdasarkan kesalahan penulisa, pembentukan, dan ketepatan makna dalam tulisan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal. Pertama, menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat yang telah menggunakan tiga struktur teks eksplanasi. Ketiga struktur teks eksplanasi tersebut, yaitu identifikasi fenomena, rangkaian kejadian dan ulasan. Hal itu terbukti dari semua teks eksplanasi yang telah dianalisis, sebagaian besar siswa menulis teks eksplanasi dengan lengkap menggunakan unusr identifikasi fenomena, rangkaian kejadian, dan ulasan. Kedua, jika dilihat dari penggunaan diksi siswa dalam penggunaan diksi sudah tepat. Teks yang dianalisis siswa lebih dominan tepat dalam penulisan diksi, meskipun juga terdapat kesalahan dalam pembentukan dan salah dalam penggunaan makna teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:45
Last Modified: 27 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34936

Actions (login required)

View Item View Item