Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi

Nadia, Reda Kasih (2021) Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Reda_Kasih_Nadia_17016039_2890_2021.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan jumlah lagu yang bernada religi dari Chrisye. Kedua, mendeskripsikan nilai religius yang ada dalam lagu tersebut. Ketiga, mendeskripsikan hubungan implikasi nilai religius dalam lagu ke pembelajaran teks puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dari lirik, bahasa, dan nilai religius yang terkandung dalam lagu tersebut. Bahasa dalam lirik lagu didengar, disimak dan ditulis dalam format lapangan dalam penelitian yang telah peneliti siapkan. Kemudian peneliti menganalisis hasil temuan yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian ada tiga. Pertama, peneliti menemukan terdapat tiga jumlah lagu yang bernada religi dalam kumpulan lagu Chrisye. Kedua, peneliti dapat mendeskripsikan nilai religius yang terkandung dalam kumpulan lagu bernada religi. Ketiga, peneliti dapat mendeskripsikan dan menemukan hubungan dari kumpulan lagu Chrisye dengan pembelajaran teks puisi. Penilaian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup tiga jenis, yaitu penilaian untuk kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil analisis Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Puisi ditemukan tiga hal sebagai berikut. (1) Kegiatan penganalisisan dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk kompetensi dasar yang berkaitan dengan penilaian pengetahuan (pemahaman) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. (2) Kegiatan menemukan dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk kompetensi dasar yang berkaitan dengan penilaian sikap dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru harus memperhatikan sikap peserta didik terhadap karya sastra yang telah dibaca. Terjadinya perubahan atau tidak pada sikap peserta didik setelah membaca, mendengarkan atau memahami karya sastra merupakan bentuk implikasi dalam pembelajaran untuk komptensi dasar yang berkaitan dengan penilaian sikap. (3) Kegiatan penerapan dalam Kumpulan Lagu Chrisye Bernada Religi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Puisi kepada peserta didik dapat dijadikan bahan ajar untuk kompetensi dasar yang berkaitan dengan penilaian keterampilan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dari kumpulan lagu Chrisye bernada religi ada hubungannya terhadap pembelajaran teks puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:45
Last Modified: 27 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34933

Actions (login required)

View Item View Item