Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi Card Sort di Kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi

Adrian, Rahim (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi Card Sort di Kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHIM_ADRIAN _17129248_2320_2021.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Card Sort di kelas IV SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini diksanakan di SD Negeri 11 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 81,5% dan pada siklus II diperoleh skor 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata�rata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78(Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 87 (Baik). Dengan demikian strategi Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:44
Last Modified: 27 Oct 2021 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34931

Actions (login required)

View Item View Item