Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) dengan AB Mix Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Pada Sistem Hidroponik

Putri, Yanda (2021) Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Ikan Tongkol (Euthynnus Affinis) dengan AB Mix Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Pada Sistem Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_YANDA_PUTRI_17032180_2131_2021.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Sayuran merupakan produk holtikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia seperti vitamin A. Salah satu tanaman yang kaya akan vitamin A ialah Pakcoy (Brassica rapa L.). Banyaknya lahan pertanian yang dijadikan bahan pemukiman sehingga menyebabkan lahan menjadi sempit. Alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan bercocok tanam secara hidroponik. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air yang berisi larutan nutrisi. Salah satu nutrisi yang dapat digunakan ialah nutrisi yang berasal dari limbah ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar limbah ikan Tongkol dan AB Mix terhadap pertumbuhan tanaman Pakcoy secara hidropnik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada bulan Oktober 2020 sampai April 2021, di Rumah Kawat Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Perlakuan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 ulangan. Parameter pengamatan meliputi tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), berat basah tanaman (g) dan berat kering tanaman (g). Data dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analisis of varianse) dan uji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian pupuk organik cair berbahan dasar limbah ikan Tongkol (Euthinnus affinis), pemberian AB Mix serta kombinasi antara pupuk organik cair berbahan dasar limbah ikan Tongkol dan AB Mix berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) pada sistem hidroponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:42
Last Modified: 27 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item View Item