Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Lathief, Wirasyid Hafizul (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WIRASYID_HAFIZUL_LATHIEF_16029044_2935_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik LKPD berbasis Pendekatan Saintifik dengan model PBL pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pembuatan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (asessment stage). Tahap investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik. Tahap pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, prototype 3, dan prototype 4. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews dilakukan untuk melihat validitas LKPD yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan uji coba satu-satu (one to one evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah valid kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda dan menghasilkan prototype 3. Pada prototype 3 dilakukan uji coba kelompok kecil (small group evaluation) dengan mengujicobakan LKPD kepada enam orang peserta didik dengan kemampuan kognitif yang berbeda dan menghasilkan prototype 4 setelah direvisi. Tahap terakhir yaitu tahap penilaian untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Pendekatan Saintifik dengan model PBL pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar dari segi kelayakan isi, pendekatan saintifik, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai tingkat validitas 82,72% dengan kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 93,2%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Pendekatan Saintifik dengan model PBL pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar untukpeserta didik kelas VIII SMP dapat dinyatakan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:42
Last Modified: 27 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34924

Actions (login required)

View Item View Item