Sintesis dan Karakterisasi Hpmpfbp (1-Pyhenyl-3-Methyl-4-Fluorobenzoyl-5-Pyrozolone) Menggunakan Spektroskopi Raman, Spektroskopi Nmr (Nuclear Magnetic Resonance), dan Ftir

Yusri, Wilda Tri Putri (2021) Sintesis dan Karakterisasi Hpmpfbp (1-Pyhenyl-3-Methyl-4-Fluorobenzoyl-5-Pyrozolone) Menggunakan Spektroskopi Raman, Spektroskopi Nmr (Nuclear Magnetic Resonance), dan Ftir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WILDA_TRI_PUTRI_YUSRI_16034023_2145_2021.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Untuk menciptakan senyawa yang baru memerlukan suatu proses modifikasi struktur kimia melalui reaksi kimia dengan salah satu cara yaitu sintesis yang diharapkan akan membentuk suatu senyawa baru serta memiliki aktivitas farmakologis lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa induknya. Sintesis adalah salah satu model pembentukan suatu obat atau senyawa baru dengan maksud dan tujuan mendapatkan aktivitas yang lebih baik dengan harga yang ekonimis. Beberapa dari produk sintesis digunakan untuk bahan uji klinik dalam menganalisis suatu penyakit. Penyakit yang diderita oleh pasien yang mengidap suatu molekul pada tubuh yang belebih atau kekurangan suatu zat dalam tubuh manusia. Salah satu kelebihan molekul yang banyak dijumpai pada klinik laboratorium adalah kelebihan molekul glukosa. Glukosa berperan sebagai molekul utama bagi pembentukan energi di dalam tubuh, sebagai sumber energi utama bagi kerja otak dan sel darah merah. Namun kelebihan glukosa akan mengakibatkan diabetes mellitus. Beberapa metode yang digunakan dalam analisis diabetes mellitus adalah metode non-invasive. Metode non-invasive yang digunakan untuk mendapatkan karakteristik pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan alat Spektroskopi Raman, NMR (Nuclear Magnetic Resonance) dan FTIR, dengan sampel HPMpFBP. Dari proses karakterisasi menggunakan alat Spketroskopi Raman, Spektroskopi NMR (Nuclear Magnetic Resonance), dan FTIR didapatkan informasi panjang gelombang, pergeseran kimia, dan gugus fungsi (struktur kimia) dari sampel HPMpFBP. HPMpFBP memiliki struktur kimia C17H13N2O2F, panjang gelombang tertinggi yang dilakukan dengan karakterisasi menggunakan Spektroskopi Raman sebesar 1643.91 cm-1, pergeseran kimia tertinggi dengan karakterisasi menggunakan Spektroskopi NMR (Nuclear Magnetic Resonance) sebesar 7.8628 ppm, dan gugus fungsi yang didapat dari karakterisasi menggunakan FTIR adalah (O-H, C-H, C=C, C=O, C-H, C-N).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:42
Last Modified: 27 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34922

Actions (login required)

View Item View Item